KY Perintahkan Hakim Bersidang Pakai Pengeras Suara

Jakarta - Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Abbas Said melakukan sidak ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Hasil sidaknya yaitu Abbas Said akan memberikan teguran kepada Ketua PN yang tidak memaksimalkan fungsi pengeras suara di ruang sidang.

Abbas Said mengeluarkan pernyataan itu usai memantai sidang putusan sengketa kepengurusan parpol PPP kemarin. Dalam sidang itu, hakim tidak mengenakan suara. "Nanti saya akan tegur kenapa mereka sempat tidak pakai mik saat bacakan putusan. Ini juga berlaku untuk semuanya (seluruh pengadilan)," ucap Abbas saat dikonfirmasi, Rabu (20/5/2015). Dalam sidang PPP kemarin, ketua majelis hakim sempat tidak menggunakan pengeras suara sebelum sidang diskors karena adzan Maghrib. Saat sidang dilanjutkan, barulah pengeras itu difungsikan.

"Kasian juga pihak berpekara kalau mendengar putusan tapi suara hakimnya tidak terdengar. Apalagi ruang sidangnya besar. Kecuali kalau suara hakimnya bisa terdengar ke seluruh ruangan," ucap mantan hakim agung itu. Terkait hasil sidak, Abbas mengaku tidak ada masalah signifikan di PN Jakpus. Hasil pandangan dia, proses peradilan di PN Jakpus tergolong bagus.

"Cuma masalah mik saja, harusnya kalau ruangan besar harus disiapkan mik saat bersidang supaya pengunjung, wartawan dan pihak berperkara bisa mendengar pertimbangan hakim," pungkas ayah Farhat Abbas itu.

sumber : http://news.detik.com

 

Terjemah Bahasa

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Chinese (Traditional) Dutch English French German Japanese Korean Malay Portuguese Russian Spanish

Statistik Pengunjung

4335035
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
81
74
155
4333446
2813
4394
4335035

IP Anda: 54.224.150.24
Waktu Server: 2018-10-15 16:01:03

Seputar IKAHI

Sejarah IKAHI

Ikatan Hakim Indonesia, selanjutnya disingkat IKAHI adalah merupakan organisasi profesi Hakim dari 4 (empat) lingkungan peradilan yaitu lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dan peradilan militer.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI

Lampiran : Keputusan No. V/MUNAS/IKAHI XVI/IX/2010 tentang Penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI.

Go to top