Hukum Adat dapat Menjadi Pertimbangan Hakim

Category: Artikel Hukum

Jakarta (Komisi Yudisial) - Ketidakpuasan masyarakat adat terhadap putusan hakim yang mengganggu hak-hak atas tanah ulayat menjadi permasalahan bagi hakim saat memutus perkara di pengadilan. Hukum adat yang merupakan kearifan lokal perlu menjadi pertimbangan hakim selama benar-benar ada dan ditaati di masyarakat.

Selanjutnya...

MA Harus Siapkan Hakim Berkualitas Tangani Lonjakan Praperadilan

Category: Artikel Hukum

Anggota Komisi III Nasir Djamil mengatakan Mahkamah Agung (MA) mesti menyiapkan hakim berkualitas dalam menghadapi lonjakan praperadilan. Langkah itu dinilai perlu setelah putusan Mahkamah Konstitusi memperluas lingkup objek praperadilan.

Selanjutnya...

IKAHI Persoalkan Keterlibatan KY dalam Seleksi Hakim

Category: Artikel Hukum

Di tengah rencana seleksi pengangkatan hakim (SPH) yang sementara menggunakan sistem CPNS oleh pemerintah dengan melibatkan MA dan KY melalui Peraturan Bersama tentang Rekrutmen Calon Hakim, Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (PP IKAHI) justru mempersoalkan kewenangan KY terlibat dalam SPH.

Selanjutnya...

KY Perintahkan Hakim Bersidang Pakai Pengeras Suara

Category: Artikel Hukum

Jakarta - Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Abbas Said melakukan sidak ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Hasil sidaknya yaitu Abbas Said akan memberikan teguran kepada Ketua PN yang tidak memaksimalkan fungsi pengeras suara di ruang sidang.

Selanjutnya...
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 2

Terjemah Bahasa

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Chinese (Traditional) Dutch English French German Japanese Korean Malay Portuguese Russian Spanish

Statistik Pengunjung

4063283
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1129
1865
2994
4051384
21423
44262
4063283

IP Anda: 54.82.112.193
Waktu Server: 2017-12-18 18:17:53

Seputar IKAHI

Sejarah IKAHI

Ikatan Hakim Indonesia, selanjutnya disingkat IKAHI adalah merupakan organisasi profesi Hakim dari 4 (empat) lingkungan peradilan yaitu lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dan peradilan militer.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI

Lampiran : Keputusan No. V/MUNAS/IKAHI XVI/IX/2010 tentang Penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI.

Go to top