Selamat Datang Di Sarana Media Informasi IKAHI Cabang Baturaja

Sambutan Ketua IKAHI Cabang Baturaja

Dalam Rangka Memenuhi Tuntutan Ketersediaan Media Informasi dan Komunikasi  di era kemajuan teknologi yang begitu pesat, maka diperlukan sarana informasi sebagai media komunikasi untuk mengetahui informasi yang aktual dan program kerja yang dicapai IKAHI Cabang Baturaja. Dengan diluncurkannya website ini semoga dapat menambah pengetahuan, informasi yang bermanfaat serta mempererat tali silahturahmi bagi Para Hakim sehingga dapat mewujudkan peradilan yang bermartabat.

 

Prinsip Mengadili Perkara

Kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan negara yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila, demi terselenggaranya Negara Hukum Republik Indonesia.

 

Tata Tertib Sidang

Ketika memasuki ruang sidang ada beberapa tata tertib / aturan  yang perlu diperhatikan dan dipatuhi oleh semua pihak yang berada di dalam ruang sidang diantaranya ...

Berita Terkini

Ketua MA : Pimpinan Pengadilan Tidak Boleh Gaptek

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. mengharapkan seluruh aparatur peradilan, khususnya yang berstatus pimpinan, agar tidak ketinggalan informasi terkini mengenai kebijakan dan dinamika MA beserta badan peradilan di bawahnya.

 “Rajin-rajinlah memeriksa website MA dan satker-satker di bawahnya. Jangan sampai ketinggalan informasi, karena alasan gaptek (gagap teknologi—red) atau minimnya infrastruktur,” ujar Ketua MA seusai melantik 10 ketua pengadilan tingkat banding di Gedung Sekretariat MA, Senin (20/5/2015).

Saat ini MA dan 800-an satker di bawahnya telah memiliki dan mengoperasikan website resmi. E-government, yang ditandai dengan transparansi dan akuntabilitas, telah membudaya di lembaga peradilan sebagaimana yang terjadi di kementerian, lembaga negara, dan pemerintah daerah.

Website MA dan badan peradilan di bawahnya dimanfaatkan untuk pelbagai keperluan, mulai dari penyebarluasan surat-surat kedinasan, publikasi berita dan artikel, wahana pembinaan dan pemberian motivasi, hingga ajang silaturrahmi aparatur peradilan. Belakangan ini juga ada kecenderungan untuk lebih mengoptimalkan website sebagai sarana pelayanan publik di pengadilan. Di samping memuat data dan informasi mengenai organisasi, anggaran dan SDM, situs-situs pengadilan juga menyediakan aneka layanan berbasis internet, seperti pendaftaran perkara secara online, penelusuran informasi perkara dan pengaduan nirkertas.

Dengan demikian, website lembaga peradilan berguna ke dalam dan keluar. Penerima manfaatnya bukan cuma aparatur peradilan sendiri, tapi lebih-lebih publik secara luas.  Mengingat begitu vitalnya website lembaga peradilan, tidak mengherankan jika Ketua MA menyinggung kembali hal ini.

Menurut Ketua MA, kinerja pimpinan di daerah tercermin dari seberapa baik kebijakan pusat dipahami, dilaksanakan dan dipatuhi. Kebijakan-kebijakan itu dapat diakses di website MA dan satker-satker di bawahnya.

sumber:http://www.badilag.net

 

 

 

 

Terjemah Bahasa

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Chinese (Traditional) Dutch English French German Japanese Korean Malay Portuguese Russian Spanish

Statistik Pengunjung

3985492
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
487
1439
1926
3974334
27821
140686
3985492

IP Anda: 54.80.148.252
Waktu Server: 2017-10-23 06:21:06

TRI PRASETYA HAKIM INDONESIA

Saya Berjanji :

  1. Bahwa saya senantiasa menjunjung tinggi citra wibawa dan martabat Hakim Indonesia
  2. Bahwa saya dalam menjalankan jabatan berpegang teguh pada kode kehormatan Hakim Indonesia
  3. Bahwa saya menjunjung tinggi dan mempertahankan jiwa korp Hakim Indonesia

 

PANCA DHARMA HAKIM

Kartika, yaitu memiliki sifat percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab

Cakra, yaitu sifat mampu memusnahkan segala kebhatilan, kezaliman dan ketidakadilan

Candra, yaitu memiliki sifat bijaksana dan berwibawa

Sari, yaitu berbudi luhur dan berkelakuan tidak tercela

Tirta, yaitu sifat jujur.

 

MARS PANCA BRATA IKAHI

Panca brata Ikahi sesanti kita semua

Pembangkit semangat juang dalam profesi kita

Jujur berbudi luhur adil lagi bijaksana

Taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa

Landasan Pancasila, Membangun jiwa kita

Tegakkan keadilan dan kebenaran

Bina Terus Ikahi kita menuju cita-cita

Tingkatkan citra wibawa ikahi tercinta 2x

 

HYMNE IKAHI

Ya Tuhan Maha Esa limpahkanlah bimbingan Mu

Dengan Panca Brata Hakim berkarya untuk nusa dan bangsa

Adil dan Bijaksana serta berwibawa berbudi luhur.

Dan berlaku jujur berhati bersih.

Mohon bimbinganMu Tuhan.

 

Seputar IKAHI

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI

Lampiran : Keputusan No. V/MUNAS/IKAHI XVI/IX/2010 tentang Penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI.

Sejarah IKAHI

Ikatan Hakim Indonesia, selanjutnya disingkat IKAHI adalah merupakan organisasi profesi Hakim dari 4 (empat) lingkungan peradilan yaitu lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dan peradilan militer.

Go to top