Selamat Datang Di Sarana Media Informasi IKAHI Cabang Baturaja

Sambutan Ketua IKAHI Cabang Baturaja

Dalam Rangka Memenuhi Tuntutan Ketersediaan Media Informasi dan Komunikasi  di era kemajuan teknologi yang begitu pesat, maka diperlukan sarana informasi sebagai media komunikasi untuk mengetahui informasi yang aktual dan program kerja yang dicapai IKAHI Cabang Baturaja. Dengan diluncurkannya website ini semoga dapat menambah pengetahuan, informasi yang bermanfaat serta mempererat tali silahturahmi bagi Para Hakim sehingga dapat mewujudkan peradilan yang bermartabat.

 

Prinsip Mengadili Perkara

Kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan negara yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila, demi terselenggaranya Negara Hukum Republik Indonesia.

 

Tata Tertib Sidang

Ketika memasuki ruang sidang ada beberapa tata tertib / aturan  yang perlu diperhatikan dan dipatuhi oleh semua pihak yang berada di dalam ruang sidang diantaranya ...

Berita Terkini

KY Perintahkan Hakim Bersidang Pakai Pengeras Suara

Jakarta - Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Abbas Said melakukan sidak ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Hasil sidaknya yaitu Abbas Said akan memberikan teguran kepada Ketua PN yang tidak memaksimalkan fungsi pengeras suara di ruang sidang.

Abbas Said mengeluarkan pernyataan itu usai memantai sidang putusan sengketa kepengurusan parpol PPP kemarin. Dalam sidang itu, hakim tidak mengenakan suara. "Nanti saya akan tegur kenapa mereka sempat tidak pakai mik saat bacakan putusan. Ini juga berlaku untuk semuanya (seluruh pengadilan)," ucap Abbas saat dikonfirmasi, Rabu (20/5/2015). Dalam sidang PPP kemarin, ketua majelis hakim sempat tidak menggunakan pengeras suara sebelum sidang diskors karena adzan Maghrib. Saat sidang dilanjutkan, barulah pengeras itu difungsikan.

"Kasian juga pihak berpekara kalau mendengar putusan tapi suara hakimnya tidak terdengar. Apalagi ruang sidangnya besar. Kecuali kalau suara hakimnya bisa terdengar ke seluruh ruangan," ucap mantan hakim agung itu. Terkait hasil sidak, Abbas mengaku tidak ada masalah signifikan di PN Jakpus. Hasil pandangan dia, proses peradilan di PN Jakpus tergolong bagus.

"Cuma masalah mik saja, harusnya kalau ruangan besar harus disiapkan mik saat bersidang supaya pengunjung, wartawan dan pihak berperkara bisa mendengar pertimbangan hakim," pungkas ayah Farhat Abbas itu.

sumber : http://news.detik.com

 

Terjemah Bahasa

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Chinese (Traditional) Dutch English French German Japanese Korean Malay Portuguese Russian Spanish

Statistik Pengunjung

4063278
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1124
1865
2989
4051384
21418
44262
4063278

IP Anda: 54.82.112.193
Waktu Server: 2017-12-18 18:16:31

TRI PRASETYA HAKIM INDONESIA

Saya Berjanji :

  1. Bahwa saya senantiasa menjunjung tinggi citra wibawa dan martabat Hakim Indonesia
  2. Bahwa saya dalam menjalankan jabatan berpegang teguh pada kode kehormatan Hakim Indonesia
  3. Bahwa saya menjunjung tinggi dan mempertahankan jiwa korp Hakim Indonesia

 

PANCA DHARMA HAKIM

Kartika, yaitu memiliki sifat percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab

Cakra, yaitu sifat mampu memusnahkan segala kebhatilan, kezaliman dan ketidakadilan

Candra, yaitu memiliki sifat bijaksana dan berwibawa

Sari, yaitu berbudi luhur dan berkelakuan tidak tercela

Tirta, yaitu sifat jujur.

 

MARS PANCA BRATA IKAHI

Panca brata Ikahi sesanti kita semua

Pembangkit semangat juang dalam profesi kita

Jujur berbudi luhur adil lagi bijaksana

Taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa

Landasan Pancasila, Membangun jiwa kita

Tegakkan keadilan dan kebenaran

Bina Terus Ikahi kita menuju cita-cita

Tingkatkan citra wibawa ikahi tercinta 2x

 

HYMNE IKAHI

Ya Tuhan Maha Esa limpahkanlah bimbingan Mu

Dengan Panca Brata Hakim berkarya untuk nusa dan bangsa

Adil dan Bijaksana serta berwibawa berbudi luhur.

Dan berlaku jujur berhati bersih.

Mohon bimbinganMu Tuhan.

 

Seputar IKAHI

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI

Lampiran : Keputusan No. V/MUNAS/IKAHI XVI/IX/2010 tentang Penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKAHI.

Sejarah IKAHI

Ikatan Hakim Indonesia, selanjutnya disingkat IKAHI adalah merupakan organisasi profesi Hakim dari 4 (empat) lingkungan peradilan yaitu lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dan peradilan militer.

Go to top